Dell in Globalized Economy

Pada bulan Juni 1987, Dell berspekulasi keluar dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya dan mulai berbisnis di Inggris. Jurnalis dan para analis berspekulasi bahwa penjualan langsung kepada Pelanggan yang diterapkan Dell mungkin berguna secara efektif di Amerika Serikat, namun tidak di Eropa. Akan tetapi lebih dari 11 operasi internasional telah dibuka dalam periode tahun 1987 – 1991.
Pada tahun 1994, Dell memiliki banyak anak perusahaan internasional di 14 negara, dan menjual serta mendukung produk – produknya ke lebih dari 100 pasar melalui kesepakatan bermitra dengan distributor teknologi.
Tahun 1995, konstruksi dimulai di Asia Pasific Customer Centre (APCC) di Penang, Malaysia. Pada pertengahan tahun 1995, Dell membuka cabang kantornya di 6 negara di wilayahnya. Malaysia menjadi suatu cabang yg memiliki manajemen, penjualan, dan jaringan markerting yang komprehesif yang meliputi Australia, China, Hongkong, India, Indonesia, Korea, Malaysia, New Zealand, The Philippines, Singapore, Taiwan, dan Thailand.
Tahun 1998, Xiamen, pabrik dan pusat servis telah dibuka, kantor pusat regional Dell Asia Pacific tetap beroperasi di Hong Kong. Dell beroperasi melakukan penjualan di setiap cabangnya di 33 negara dan melayani pelanggannya dilebih dari 170 negara dan teritori di seluruh dunia. Bisnis Dell di pasar China telah bertumbuh terus menerus dan penjualan system komputer dilakukan melalui distributor. Xiamen menjadi kota yang berkembang pesat dengan ekonomi yang kuat dan bangunan infrastruktur yang modern.
Tim pelayanan pelanggan Dell dibagi kedalam 3 sekmen:
• Large Corporate Accounts ( LCA ) – Kantor yang memiliki lebih dari 1500 karyawan.
• Preferred Accounts Division ( PAD ) – Kantor dengan karyawan berjumlah 500 – 1500 orang.
• Home and Small Business ( HSB ) – Kantor yang memiliki karyawan kurang dari 500 orang
Dell Asia pasifik telah menargetkan pendapatan di China untuk membentuk sekitar 10 persen dari penjualan global ( mewakili 50 persen dari penjualan di wilayahnya ) pada tahun 2002, membuatnya sebagai pemasok PC terbesar kedua dan mungkin pemasok terbesar bagi LCA.
Pada kuarter keempat tahun 1998, penjualan Dell meningkat 100%, walaupun bertumbuh kecil dari tingkat dasar. Dalam kuarter kedua tahun 1999, catatan tahunan unit Dell bertumbuh sebesar 561%.
CEO Dell menerangkan kondisi dan keadaan bisnis di China, diantara yang terbaik didunia ditengah lambatnya pertumbuhan global pada pertemuan di Beijing hari Kamis.
China telah mengeluarkan suatu rangsangan atau stimulus dalam melakukan pengeluaran besar-besaran dan peluncuran diskon untuk masyarakat pedesaan untuk membeli komputer dan barang elektronik lainnya untuk memacu pertumbuhan.
Limabelas produk Dell, termasuk beberapa model yang dimodifikasi untuk konsumen China, sudah memenuhi syarat untuk mengikuti program subsidi dari negara. Perusahaan melakukan investasi di daerah pedesaan untuk mendukung program dan meningkatkan penjualan, kata Dell.
Michael Dell, Chairman dan Chief Executive perusahaan mendengar bahwa pelanggan ingin sesuatu yang lebih untuk uang yang mereka keluarkan pada kemunduran ekonomi yang terjadi. Dell berkata: “Besarnya tantangan ekonomi global begitu jelas untuk semua orang. Pelanggan dari semua jenis masih memerlukan dan membeli teknologi, namun mereka melakukan hal tersebut dengan menggunakan harga lama dan dalam frekuensi yang lambat, dan mereka ingin menyimpan uangnya ketika mereka membeli serta menggunakan IT. Kami menyederhanakan IT, mengurangi biaya dan memaksimalkan produktivitas bagi pelanggan.”
Perusahaan menyatakan akan fokus pada pemotongan biaya di masa depan, dan karena itu akan ada biaya yang berkaitan dengan pengurangan biaya secara umum yang akan berlanjut, serta persekutuan bisnis lainnya. Menurut pernyataan yang tersedia dan komentar dalam konferensi, pemotongan biaya merupakan suatu cara untuk menghadapi kemunduran dalam pembelanjaan teknologi. Brian Gladden, Kepala keuangan Dell.Inc berkata: “Di lingkungan ini kami akan bersikap sangat agresif terhadap biaya. Ini merupakan suatu tingkat yang dapat kami kontrol.”
Dell menjelaskan dalam pernyataannya: “Mengingat adanya pilihan antara profit dan pertumbuhan, kami akan memilih profit. Kepercayaan kami adalah bahwa dengan adanya perubahan yang kami bangun dalam hal struktur keuangan kami, kami akan dapat mendapatkan kedua hal tersebut.”

This entry was posted in Knowledge managemen. Bookmark the permalink.

2 Responses to Dell in Globalized Economy